Mengapa Bacacepat?

Saat ini ketrampilan bacacepat sudah menjadi kebutuhan mutlak bagi setiap orang. Mengapa? Perlu kita ketahui, bahwa setiap tahun ada lebih dari 900.000 buku baru yang terbit dan beredar di toko buku. Selain itu, perkembangan pesat media cetak, elektronik dan internet dalam menyediakan informasi juga sangat luar biasa. Ditambah lagi dengan buku-buku pelajaran SD hingga buku teks Universitas yang harus dipelajari tiap pelajar / mahasiswa dalam satu semester juga sangat banyak jumlahnya. Bahkan, Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia juga telah memasukkan pelajaran bacacepat ini ke dalam kurikulum nasional dengan menetapkan indikator kecepatan baca tertentu yang harus dicapai peserta didik (biasanya materi bacacepat ini ada dalam pelajaran Bahasa Indonesia). Apa yang akan terjadi bila kita atau putera-puteri kita hanya mampu membaca dengan kecepatan yang rendah? Berapa banyakkah buku yang dapat kita atau putera-puteri kita tamatkan dalam waktu 1 tahun, 1 bulan, 1 minggu?

Semakin mahir ketrampilan bacacepat putera-puteri kita (artinya mampu membaca dengan kecepatan lebih dari 200 kpm), maka semakin efisien waktu yang dipergunakan untuk belajar. Sehingga semakin banyak waktu luang yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain (misalnya kegiatan ekskul). Sebaliknya, semakin lambat dalam membaca, maka semakin lama waktu yang diperlukan untuk menamatkan bacaan dan semakin sedikit waktu luang yang dapat digunakan untuk kegiatan lain.

Selain itu, dengan memiliki kemampuan membaca cepat, putera-puteri kita dapat menyelesaikan semua buku pelajaran dalam waktu lebih cepat dan tentunya mereka akan lebih siap dalam menghadapi ujian. Bayangkan bila putera-puteri kita cenderung lambat dalam membaca, sehingga masih banyak materi dalam buku pelajaran yang belum selesai dipelajari, sedangkan saat ujian sudah di depan mata, tentunya hal ini akan menimbulkan stress yang luar biasa yang malah merugikan. Karenanya, pelatihan baca-cepat mutlak diperlukan dan dipraktekkan putera-puteri kita sejak dini agar menjadi suatu kebiasaan positif yang dapat bermanfaat dalam kehidupan mereka hingga masa yang akan datang.