Membaca Secara Lambat dan Berhati-hati, Perlukah?

Luar biasa! Terima kasih atas respon dan antusiasme Anda dalam menjawab Quiz Bacacepat. Hal yang menarik adalah cukup banyak peserta Quiz masih meyakini bahwa agar bisa memahami bacaan kita harus membaca secara lambat dan berhati-hati. Hal ini merupakan bukti bahwa cara belajar Anda, putera-puteri kita (dan mungkin sebagian orang dewasa) masih sangat tradisional. Pola pikir yang ditanamkan sejak kita kecil bahwa membaca buku terutama buku pelajaran harus lambat dan hati-hati telah menyebabkan kita semua cenderung membutuhkan waktu yang sangat lama dalam menyelesaikan (menamatkan) sebuah buku. Silakan Anda evaluasi diri Anda, berapa lama waktu rata-rata yang Anda butuhkan untuk menamatkan sebuah buku setebal 200 halaman (asumsi 1 halaman terdapat 500 kata)??

Tahukah Anda, bahwa semakin lambat Anda membaca, maka daya serap bacaan juga rendah? Contohnya, bila kemampuan baca Anda sangat lambat yaitu 50 kata per menit, maka untuk menamatkan sebuah buku bacaan setebal 200 halaman akan membutuhkan total waktu sekitar 2000 menit atau 33,3 jam. Kalau dalam sehari Anda terbiasa membaca selama 2 jam, maka Anda butuh waktu kurang lebih 17 hari untuk menamatkannya.

Sebaliknya, bila Anda memiliki kemampuan baca yang lebih cepat, misalnya 500 kata per menit, maka buku bacaan setebal 200 halaman tersebut dapat diselesaikan dalam waktu hanya 200 menit saja atau sama dengan 3 jam 20 menit. Jauh lebih produktif bukan? Bagi yang akan menempuh ujian sekolah tentunya akan jauh lebih menyenangkan bila mereka bisa segera menyelesaikan waktu belajar dengan cepat dan memanfaatkan waktu yang lain untuk kegiatan istirahat atau kegiatan positif lainnya. Selain itu, berdasarkan penelitian, dengan membaca cepat, sel-sel otak kita akan terpicu untuk berpikir dan menganalisa bacaan secara cepat. Kok bisa? Ternyata mata dan sel-sel otak kita pada dasarnya memiliki kemampuan yang luar biasa. Apa yang kita lihat melalui mata akan disampaikan ke sel otak dengan kecepatan super luar biasa. Dan sel-sel otak yang dilatih secara rutin mampu mengingat apa yang dibaca dan menganalisa serta memahami apa yang dibaca dengan sangat baik. Ya, ini bukan khayalan, bukan bualan. Ini semua bisa terjadi pada siapapun termasuk Anda.

Untuk bisa mahir membaca cepat tentu ada tekniknya, dan memerlukan praktek atau latihan yang berulang agar membentuk kebiasaan baru. Silakan dapatkan modul gratis bacacepat untuk memahami metode baru yang bisa meningkatkan kemampuan Anda atau putera-puteri Anda secara cepat.