Cara Mengukur Tingkat Kecepatan Baca Efektif

Tahukah Anda bahwa membaca cepat juga berarti memahami secara cepat?. Ya, membaca cepat bukanlah hanya sekedar membaca tanpa memahami artinya. Tidak ada gunanya bila Anda atau putera-puteri Anda mampu membaca dengan kecepatan 500 kata per menit (kpm) tetapi sama sekali tidak mengerti intisari atau makna dari materi yang dibaca. Kemampuan membaca cepat efektif seseorang tidaklah diukur hanya dari jumlah kata yang dibacanya setiap menit, tetapi harus dilihat berapa persen pemahaman orang itu terhadap isi bacaan.

Pemahaman seseorang terhadap isi bacaan saat membaca cepat, dapat dinilai dari ketepatan menemukan gagasan utamanya. Selain itu, dapat dinilai dari ketepatan menjawab pertanyaan yang ada. Oleh karena itu, setiap pelaku baca cepat harus mampu untuk memahami apa-apa yang dibacanya, sehingga ketika diminta untuk menceritakan ulang dia mampu untuk melakukannya. Atau ketika diminta untuk menjawab berbagai soal pertanyaan, dia pun mampu untuk menjawab dengan benar. Hal ini sangat berguna bagi Anda atau putera-puteri Anda ketika mereka harus menghadapi ulangan tengah semester, ulangan akhir semester atau ujian akhir nasional.

Cara menghitung kemampuan membaca cepat yang efektif adalah:

KPM =  (Jumlah kata / Lama waktu baca) x Persentase jawaban benar

Satuan pengukur kemampuan membaca seseorang dinyatakan dalam satuan KPM (kata per menit).

Contoh:

Vira membaca cepat suatu teks selama 5 menit. Jumlah kata dalam teks berjumlah 450 kata. Persentase Vira dalam menjawab soal yang benar 80%. Berapa kecepatan bacacepat efektif Vira?

KPM = (450 / 5 menit) x 80%

KPM = 90 x 80/100 = 72 kata per menit.

Jadi kecepatan bacacepat efektif Vira bukanlah 90 kpm, tetapi 72 kpm.

(Silakan tuliskan komentar Anda pada area di bawah ini. Bila Anda suka dengan artikel-artikel bacacepat, silakan klik tanda “suka” di bagian “Please Like Us” dan bila Anda ingin menerima kiriman tulisan-tulisan bacacepat silakan klik tombol “ikuti” di area paling bawah halaman ini).